kenapa windows tidak bisa next saat instal ulang windows?? Begini cara mengatasinya.
http://www.sisco25.com/

Pada tutorial kali ini, saya akan membahas pertanyaan yang sering saya dengar mengenai kenapa windows tidak bisa next saat installasi windows.
oke kali ini saya akan menjelaskan permasalahan tersebut agar tidak terjadi masalah serupa.

Sedikit cerita, dulu saya pernah menjumpai permasalahan yang sama disaat saya menginstall ulang laptop teman saya, saat saya sudah menghapus partisi Local Diks C, yaitu partisi windows, dan mengganti dengan windows  yang baru. Tiba - tiba masalah itu terjadi. Tombol Next tidak bisa di tekan ( tidak mau Lanjut ) dan stack begitu saja.

Kali ini saya akan mengulas satu per satu permasalahan sampai jalan keluarnya :

Permasalahan yang terjadi

Permasalahan yang terjadi yaitu Tombol next tidak bisa ditekan / Stack begitu saja. dan muncul notifikasi seperti gambar dibawah ini :


Atau Muncul Notifikasi seperti :
  • Windows cannot be installed on this disk. The selected disk has an MBR partition table. On EFI systems, Windows can only"

Mengapa hal ini terjadi

Hal ini biasannya terjadi pada saat kita menginstall ulang sistem sistem Operasi Windows saja. 
Hal ini terjadi dikarenakan Laptop atau komputer sebelumnya telah mengintall Windows dengan Tipe / jenis  Partisi berbeda. Jenis partisi disini yang saya maksutkan ada 2 yaitu Tipe partisi MBR dan Tipe Partisi GPT. 

Saya ambil contoh : Jika laptop atau komputer sebelumnya telah menginstal windows dengan type / Jenis partisi MBR maka windows yang akan diinstall ulang juga harus Format partisi MBR juga.
begitu pun sebaliknya. jika windows sebelumnya Tipe partisi GPT maka harus GPT juga.

Jadi kesimpulannya, Jenis windows yang ada di Flashdiks atau DVD installer harus sama dengan Format Partisi Hardiks yang ada dikomputer atau Laptop yang akan diinstall.

Solusi permasalahan ini

Sebelum kita menginstall ulang laptop atau komputer, alangkah baiknya kita mengetahui Tipe partisi  windows yang dipakai laptop atau komputer itu dulu.

1. Cek Tipe partisi Windows yang dipakai sebelumnya.

Klik kanan My Computer > Manage > Diks Management.


Lalu Klik kanan pada Diks > Properties > Volume 


keterangan Gambar di atas Partition Style : Master Boot Record (MBR), menunjukan bahwa tipe partisi yang digunakan menggunakan Partisi MBR. 
begitupun sebaliknya, jika mengunakan partisi GPT maka akan muncul Partition Style: GUID partition table (GPT)

2. Membuat Bootable Windows yang sesuai (MBR) atau (GPT)

Jika kita sudah mengetahui Tipe partisi dari windows yang akan kita install ulang, langkah selanjutnya yaitu membuat bootable yang sesuai, apakah itu MBR atau GPT.  

3. Bagaimana cara burning atau bootable windows ke Flashdiks atau DVD agar bisa sesuai Type partisi??? 

Disini saya menrekomendasi anda untuk menggunakan Software Rufus.
klo menurut saya rufus itu sangat efisien dalam membuat burning windows ke Flasdiks teman - teman. Rufus juga bisa mengatur tipe windows yang teman-teman inginkan apakah itu MBR atau GPT.

4. Bagaimana cara membuat Bootable menggunakan Rufus?


Catatan Penting :
Jika anda ingin membuat Bootable / burning windows dengan menggunakan Type partisi windows GPT Maka master Windows yang anda punya juga harus sudah support Windows UEFI (GPT), jika tidak maka percuma saja anda membuat burning windows dengan type UEFI ( Gpt ) tersebut.
Cisco

Cisco

Terima kasih telah mengunjungi Sisco25.com , semoga tulisan ini dapat memberi hal yang bermanfaat sebagai informasi buat teman-teman semua.

Post A Comment:

2 comments:

  1. kalau udah terlanjur ke format c nya gmana? kan gk bisa masuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya bisa next aja mas, jika smua partisi dihapus, tp bakal hilang data2 penting mas, solusinya yah burning lagi windowsnya sesuai kondisi

      Delete