Bagaimana sih menginstall windows 7 atau menginstall ulang windows 7 dengan mudah dan tepat.
http://www.sisco25.com/

Pada Tutorial kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya tentang bagaimana sih menginstall windows 7 atau menginstall ulang windows 7 dengan mudah dan tepat. tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga atau uang untuk membayar jasa install atau sebagainya.

Sebenarnya menginstall windows itu cukup mudah saja. hanya karena kita sendiri yang malas untuk belajar atau ada kesibukan lain. Disini saya akan menjelaskan langkah-langkah secara mudah dan lengkap beserta gambar, agar gampang dimengerti oleh anda yang membaca tulisan ini.

Disini saya menggunakan Flashdiks sebagai media untuk menginstall windows 7.
lalu apa saja yang harus disiapkan? dan bagaimana cara menginstallnya? simak tutorial ini baik-baik.

HAL - HAL YANG HARUS DISIAPKAN

  • Master windows 7 ekstensi .ISO
  • Software Rufus sebagai media untuk burning / bootable windows ke flashdisk. jika belum punya silahkan Download disini.
  • Flashdisk ukuran 8GB atau lebih.
  • Charger , agar laptop atau komputer tidak mati dalam proses installasi window 7.
Catatan :
Khusus untuk anda yang ingin install ulang windows 7, segeralah backup / pindahkan data penting anda yang ada di Documents,  Download , Music,  Pictures, Videos, kedalam partisi D atau E, atau ke media penyimpanan lain, agar tidak terhapus saat installasi windows nanti.

Membuat Bootable Windows 7 ke Flashdisk

Pada tahap ini anda diharuskan membuat Bootable / Burning Windows 7 kedalam Flashdisk yang telah anda siapkan. lalu Bagaimanakah cara membuat Bootable ke Flashdisk?
Silahkan Baca Juga : Tips Membuat Bootable Windows Ke Flashdiks Buat Pemula.

Langkah - Langkah Menginstall Windows 7

Pada tahap ini berarti anda telah berhasil membuat Bootable / Burning windows 7 ke Flashdisk.
Pastikan kondisi Laptop anda dalam keadaan mati / belum dihidupkan. jika belum, silahkan matikan dulu laptop / komputer anda.

Jika sudah, silahkan colok Flashdisk kedalam Port USB lalu hidupkan laptop / komputer anda. 
Pada saat komputer baru mulai hidup, cepat tekan tombol Boot Menu / Booting Menu pada keyboard, bukan Menu Bios. Biasanya Boot Menu setiap laptop berbeda - beda. kalo Punya Asus, biasanya pada tombol Esc. Sedangkan punya Toshiba pada tombol keyboard F12

Jika anda belum mengetahui Boot Menu laptop atau komputer anda.

Setelah masuk pada Boot Menu, anda akan menjumpai tampilan berikut ini :

keterangan gambar :
  • karena kita menginstall windows memakai Flashdisk maka pilih USB HDD
  • nama Lexar jumpdrive adalah nama Flashdisk.
1. Jika muncul tulisan ini, tekan tombol apa saja yang ada pada keyboard untuk melanjutkan.

2. Silakan pilih Indonesian (Indonesia) pada Time and currency format. Untuk Language to install dan Keyboard or input method biarkan default. Kemudian pilih Next.

3. Untuk memulai instalasi windows 7. Pilih Install now.

4. Centang I accept the license terms, kemudian pilih Next.

5. Silakan pilih Custom (advanced).

6. Pada tahap ini, hardisk masih terlihat kosong, Sebagai contoh kapasitas hardisk saya disini 30 GB. Untuk kapasitas hardisk itu sendiri bervariasi, ada yang 500GB ada juga 1TB. Disini saya menggunakan kapasitas hardisk 30GB, jadi yang pertama yang kita harus lakukan yaitu membuat partisi untuk windows dahulu.
Silahkan klik New

7. Tentukan kapasitas untuk windows anda, disini saya membuatnya 15GB (15360 MB) untuk windowsnya karena kapasitas hardisk saya cukup kecil. Jika kapasitas hardisk anda 500GB, alangkah baiknya buatlah partisi untuk windows sekitar 70GB (70000 MB) mengingat Program - Program yang akan anda install nanti pasti membutuhkan ruang / kapasitas yang cukup besar.
Lanjutkan dengan klik Apply.

8. Lanjutkan dengan mengklik OK

9. Disini terlihat 2 partisi Windows yang telah kita buat yaitu "Disk 0 Partition 1 : system Reserved" dan "Disk 0 Partition 2" sedangkan Disk 0 Unallocated Space masih terlihat kosong.
Kita lanjut saja dulu untuk install windowsnya, Klik "Disk 0 Partition 2" lalu  > Next
Catatan : Khusus Untuk anda yang menginstall ulang windows, Delete Partisi windows yang saya beri kotak Merah, maka nanti partisi windows nya akan kembali Unallocated Space atau kembali kosong. Tinggal anda klik partisi yang telah anda delete tadi lalu Klik Next.
10. Proses instalasi windows 7 berlangsung. Proses ini memakan waktu kurang lebih 15 atau 20 menit. Selama proses berlangsung, komputer akan reboot / restart dengan sendirinya beberapa kali.

11. Bila anda menjumpai tampilan ini saat setelah Completing installation. Jangan tekan tombol apapun pada keyboard! Hal tersebut akan menyebabkan anda mengulangi proses instalasi dari awal.

12. Langkah selanjutnya yaitu memasukkan nama pengguna dan nama komputer. Kemudian klik Next.

13. Pada tahap ini anda diminta untuk membuat password login windows, kita lewatkan saja dulu.
Klik Next untuk melanjutkan.

14. Silakan masukkan product key atau Aktivasi windows 7, kemudian pilih Next. Jika anda tidak mempunyai product key, anda bisa lewati langkah berikut ini tanpa memasukkan product key. Tetapi, tanpa aktivasi product key, anda hanya dapat menggunakan Windows 7 selama masa trial 30 hari. Selanjutnya pilih Next.

15. Untuk Windows Update, saya sarankan pilih Ask me later saja dulu.

16. Untuk Time zone/ zona waktu. Pilih (UTC+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta.

17. Well Done.. Proses instalasi telah selesai.


Kesimpulan

Pada tahap ini kita sudah berhasi mengistall windows pada komputer atau laptop kita. akan Tetapi Windows belum 100% bisa digunakan karena kita belum menginstall Driver dan membuat partisi untuk Penyimpanan data seperti Partisi D atau E. maka dari itu silahkan baca juga bagaimana memilih Driver laptop / komputer yang baik dan bagaimana cara membuat Partisi baru pada windows. 

Baca Juga :

Demikianlah tutorial mengenai cara menginstall windows 7 dengan menggunakan Flashdisk. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi anda. Jika ada yang kurang jelas dari tutorial ini, silahkan tulis komentar anda dibawah ini dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.
Cisco

Cisco

Terima kasih telah mengunjungi Sisco25.com , semoga tulisan ini dapat memberi hal yang bermanfaat sebagai informasi buat teman-teman semua.

Post A Comment:

1 comments: