Cara mengetahui tombol Bios dan Boot Menu pada setiap Laptop dan PC.
http://www.sisco25.com/

Pada postingan kali ini, saya akan menjelaskan tentang Cara mengetahui tombol BIOS dan BOOT MENU pada setiap Laptop atau Notebook. Tapi sebelum itu, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu Bios dan apa itu Boot menu, Serta Fungsi dari Bios dan Boot Menu.

Baca Juga :

Oke mari kita simak penjelasan dari Bios dan Boot Menu berikut ini :

Apa itu BIOS?

BIOS merupakan singakatan dari Basic Input Output System,  yang tugasnya untuk mengatur fungsi dari perangkat keras (hardware) yang terdapat pada komputer. BIOS juga berisi kumpulan semua kode yang mengatur kerja keyboard, layar monitor, driver, dan masih banyak fungsi lain dari bios. Bios juga biasannya terdapat didalam sebuah ROM chip ( read only memory chip ) dengan kata lain bios sendiri tidak dapat dihapus dari komputer itu sendiri, karena tugasnya mengatur kerja setiap komponen yang berada didalam sebuah komputer.

Fungsi BIOS ?

Fungsi dari BIOS adalah untuk memberikan perintah atau intruksi untuk menginisialisasi dan identifikasi perangkat sistem seperti RAM, CPU, VGA, Hardisk Drive, Keyboard dan Mouse, Optical (CD/DVD) drive dan hardware lainnya pada saat komputer atau laptop kita mulai booting.
Apa itu booting ? Booting itu proses perjalanan dari awal kita menyalakan komputer sampai pengambilalihan System Operasi secara penuh terhadap perangkat komputer atau atau laptop.

Apa itu Boot Menu?

Boot Menu adalah menu yang diakses ketika komputer pertama kali di hidupkan. Boot menu dapat berisi sejumlah pilihan perangkat yang berbeda - beda tiap boot menu, termasuk CD, DVD, Flashdiks atau Harddiks, dan LAN (jaringan). Menu booting ini juga memungkinkan pengguna / user untuk memuat sistem operasi atau aplikasi lain, walaupun komputer itu sendiri sudah memiliki sistem operasi di dalamnya. Hal ini juga berguna saat mencoba menginstal sistem operasi baru di komputer, seperti menginstall ulang sistem operasi atau dual booting melalui flashdiks atau DVD.

Fungsi BOOT MENU?

Saat komputer dinyalakan, pengguna dapat mengakses boot menu dengan menekan salah satu dari beberapa tombol keyboard. Kunci umum untuk mengakses menu boot adalah Esc, F2, F10 atau F12, tergantung pada merk komputer atau motherboard. Kunci khusus untuk menekan biasanya ditentukan pada layar pembuka komputer. Menu booting memungkinkan pengguna memilih perangkat apa yang akan memuat sistem operasi atau aplikasi dari komputer saat booting.
Jika diinginkan, urutan perangkat yang tercantum dalam menu booting, disebut juga urutan booting dapat diubah sehingga komputer selalu mencoba melakukan booting ke hard drive atau ke drive CD / DVD maupun Flashdiks.

Jadi setelah kita tahu pengertian dan fungsi dari Bios dan Boot Menu, berikut beberapa kumpulan Tombol Bios dan Boot Menu dari  berbagai Laptop dan Notebook yang di rangkum oleh sisco25.com

Laptop / Notebook

#1. Asus

Bios : F2
Boot Menu : Esc

#2. Acer

Bios : F2
Boot Menu : F12


#3. HP

Bios : F10
Boot Menu : F9

#4. Lenovo

Bios : Fn+F2
Boot Menu : Fn+F12

#5. Toshiba.

Bios : F2
Booting : F12

#6. SONY VAIO

Bios : F2
Boot Menu : F11

#7. Samsung

Bios : F2 atau Delete
Boot Menu : F8 atau F10

#8. Fujitsu


Bios : F2
Boot Menu : F12

#9. DELL

Bios : F2
Boot Menu : F12

#10. Compaq


Bios : F10
Boot Menu : Esc atau F9

Motherboard Pc ( Costum Builder )

#1. AsRock

Bios: F2
Boot Menu : F11

#2. GigaByte


Bios : Delete
Boot Menu : F12

#3. Asus


Bios : Delete
Boot Menu : F8

#4. MSI


Bios : Delete
Boot Menu : F11


Demikianlah beberapa Cara untuk mengetahui Tombol Bios dan Boot menu yang dirangkum oleh sisco25.com. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat untuk anda, dan jangan lupa beri komentar dan saran anda di Form komentar dibawah ini. 
Cisco

Cisco

Terima kasih telah mengunjungi Sisco25.com , semoga tulisan ini dapat memberi hal yang bermanfaat sebagai informasi buat teman-teman semua.

Post A Comment:

0 comments: