bagaimana sih membuat form pencarian Vb.net dengan menggunakan database access.?
http://www.sisco25.com/

Pada topik pembahasan kali ini, saya ingin membahas tentang bagaimana sih membuat Form Pencarian Vb.net dengan menggunakan Database Access.
Pada dasarnya, form pencarian itu digunakan Apabila data dalam database sangat banyak, jadi programer diwajibkan intuk membuat form pencarian data tersebut untuk mempermudah saja.

Baca Juga :
Oke, saya akan menjelaskan step by step pembuatan form pencarian tersebut. Disini saya menggunakan Database Ms.Access dan Vb.Net 2010.

Membuat Form Pencarian Vb.Net Database Access


#1. Database Ms. Access

Pertama-tama buatlah Database, disini saya membuat database dengan nama : Jualbuku.
dengan nama tabel: BukuSilahkan anda buat Nama Database dan tabel anda sendiri.


 Buatlah sample data anda, sesuai keinginan anda sendiri seperti gambar dibawah ini.


#2. Module Vb.Net Database Access. 

Disini saya menggunakan Module Vb.Net Database Ms.Access, jadi jika teman-teman belum membuat Module silahkan lihat Disini
Jika sudah lewatkan saja langkah ini.

#3. Membuat Form Project Vb.Net

Buatlah Form sesuai keinginan anda, karna disini kita fokus untuk membuat Form Pencarian saja, jadi disini kita cuma membutukhan 1 Label dan 1 Textbox. saya rasa teman-teman sudah mempunyai Form sendiri, jadi kita bisa langsung saja membuat Form Pencariannya saja. 

Disini saya sudah mempunyai Form Buku, jadi saya tinggal membuat Form Pencarian nya dibawahnya saja seperti gambar berikut : 

Catatan :
Buatlah Lebel dengan nama pencarian Judul.
tambahkan 1 Texbox disamping Label, disini Nama Textbox saya : Textbox9

#4. Coding Pencarian.

Silahkan salin Coding dibawah ini dn pastekan didalam Textbox pencarian anda. Disini saya pastekan di Textbox 9 saya.
Private Sub TextBox9_TextChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles TextBox9.TextChanged

        Call Koneksi()
        da = New OleDbDataAdapter("SELECT * from Buku where Judul LIKE '%" & TextBox9.Text & "%'", Conn)
        ds = New DataSet
        da.Fill(ds, "Judul")
        DataGridView1.DataSource = ds.Tables("Judul")
        DataGridView1.DataSource = ds.Tables(0)

    End Sub
Catatan :
Silahkan cocokan sendiri Textbox 9 diatas dengan nama Textbox anda.
Sesuaikan Tablel Buku dengan Nama Tabel anda, Columns Judul dengan Columns yang ingin anda cari saat pencarian dijalankan.

#5. Run dan Jalankan.

Coba Run dan Jalankan Form pencarian anda, jika Masih ada Error coba cek sekali lagi Coding yang anda masukan apakah sudah pas sesuai tutorial yang saya jelaskan.

Jika Berhasil maka tampilan nya akan muncul seperti gambar dibawah ini :

Catatan :
Coding diatas untuk mencari Judul, seperti saat menulis huruf "P" maka yang muncul Judul huruf "P"
Silahkan Teman-teman cocokan sendiri columns yang teman-teman ingin cari, sesuai Columns yang ada di Database teman-teman.:3


Demikianlah Postingan saya kali ini, Jangan lupa Follow Google + Sisco25.com dan beri komentar anda pada form komentar Disqus di bawah ini, jika ada yang ingin di tanyakan mengenai postingan ini. Admin akan setia menjawab pertanyaan dari teman-teman.
Cisco

Cisco

Terima kasih telah mengunjungi Sisco25.com , semoga tulisan ini dapat memberi hal yang bermanfaat sebagai informasi buat teman-teman semua.

Post A Comment:

0 comments: