Cara mengkoneksikan Database Ms.Access dengan DataGridview menggunakan Dataset pada VB.Net
http://www.sisco25.com/

Pada Postingan kali ini, saya akan membahas mengenai bagaimana Cara membuat koneksi dengan Dataset pada DataGridView Vb.Net dengan menggunakan database Ms.Access.

Disini saya akan menjelaskan step by step cara mengkoneksikan DataGridView dengan Database lengkap beserta Gambar, agar mudah untuk dipahami.

Baca Juga :

Jadi Ikutilah baik-baik langkah-langkah ini, agar tidak terjadi error nantinya :

Membuat Koneksi dengan Dataset pada DataGridview Vb.Net


Step 1


  • Buka desain Form anda
  • Tambahkan DataGridView, Dari ToolBox > Data > DataGridview.
  • Klik Tanda Panah kecil pada DataGridView seperti gambar dibawah ini.


  • Pilih Choose Data Source > Klik Add Project Data Source..

  • Klik Database > Kemudian Klik Next


  • Pilih Dataset > klik Next.


  • Klik New Connection..


  • Karena saya menggunakan Database access, maka saya pilih Microsoft Access Database File ( OleDB )
  • Klik pada Browse.. > kemudian Cari Database Ms.Access anda untuk dikoneksikan. 


  • Disini saya sudah mempunyai Database Access.


  • Klik Test Connection untuk memastikan apakah koneksi sudah terhubung. Kemudian klik OK


  • Kemudian Klik Next.


  • Akan Muncul Notifikasi Anda bisa langsung Klik Yes.


  • Pada menu Choose your database Objects diminta untuk memilih Tabel yang akan dijadikan koneksi untuk DataGridview anda.
  • karena form project saya adalah Form Matakuliah. maka saya Pilih tabel Matakuliah. 
  • centang tabel sesuai form project anda, kemudian Klik Finish.


  • Pada Gambar Form1.vb [ Design] dibawah ini terlihat DataGridview berhasi terkoneksi dengan Database.
  • Nama Database pada tutorial ini DBMahasiswa dengan Nama tabel Matakuliah.


  • Pada Form1.vb juga akan muncul Otomatis koding seperti gambar dibawah ini.


  • Untuk memastikan apakah Database sudah berhasil dikoneksikan dengan DataGridview, mari kita test terlebih dahulu untuk melihat hasilnya.
  • Database berhasil dikoneksikan seperti gambar dibawah ini.



Step 2

Pada Step 2 ini, saya ingin membuat koneksi Datagridview dengan Database yang sama pada Form berbeda.
saya ambil contoh : Saya ingin membuat koneksi Datagridview dengan Database yang sama yaitu Database DBMahasiswa Tetapi pada Form yang berbada yaitu Form2 FAKULTAS.
Seperti Gambar dibawah ini : 


Disini cara Koneksinya agak berbeda dari sebelumnya, kita tidak perlu lagi Membuat koneksi seperti Step1, karena sebelumnya kita telah membuat koneksi pada Database. disini kita cukup mengambil Tabel nya saja, atau mengkoneksi tabelnya saja. 

Mengapa Demikian??? Karena jika kita membuat koneksi seperti Step1 diatas lagi, maka Dataset yang ada di Solution Explorer dan dibawah Form Design , akan terjadi Pendobelan.

Maka dari itu , agar tidak terjadi pendobelan pada Dataset. ikutilah langkah -langkah berikut ini :

  • Double klik pada DbMahasiswaDataset.xsd

  • Disini terlihat Koneksi Dataset tabel Matakuliah yang kita buat sebelumnya pada Step1 diatas.

  • Untuk menambahkan Koneksi Baru Klik kanan Add > klik Table Adapter..

  • Langsung saja Klik Next.

  • Klik Next lagi.

  • Pada menu Enter a SQL Statement, Klik Query Builder...

  • Klik Tabel Baru yang akan dibuat Koneksi, karena disini saya ingin membuat koneksi untuk Form2 FAKULTAS, maka saya pilih Tabel FAKULTAS.

  • Centang Columns yang ada didalam tabel Fakultas, karena disini saya mempunyai 3 Columns saja yang ada didalam tabel Fakultas, maka saya centang semua. kemudian > Klik OK.

  • Klik Finish untuk menyelesaikan.

  • Pada Gambar dibawah ini anda sudah berhasil menambah Tabel Fakultas pada Dataset.
  • sekarang kita tinggal mengkoneksikannya dengan DataGridview pada Form2 Fakultas.

  • Buka kembali Form2 Fakultas, kemudian Klik Tanda Panah kecil pada DataGridView
  • Kemudian Klik Other Data Sources.

  • Buka Other Data Sources > Project Data Sources > DbMahasiswaDataset > Lalu pilih Tabel Fakultas.

  • Jika anda berhasil sampai langkah ini, maka anda telah berhasil membuat koneksi tanpa pendobelan pada Dataset. 

  • Pada Form2 Fakultas juga akan muncul Otomatis koding seperti gambar dibawah ini.


  • Untuk Memastikan apakah Koneksi berhasil dibuat, mari kita coba Run dan jalankan Form2 Fakultas tersebut.
  • Jika berhasil, maka akan tampak data dari Database Pada DataGridview Form2 Fakultas. 


Demikianlah tutorial sederhana ini, semoga bisa membantu anda yang telah membaca tulisan saya. Semoga tulisan ini bisa membantu dan menyelesaikan Project yang sedang anda kerjakan.
Jangan lupa beri komentar anda, jika ada yang ingin berkomentar atas mengenai tulisan ini.
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post
Cisco

Cisco

Terima kasih telah mengunjungi Sisco25.com , semoga tulisan ini dapat memberi hal yang bermanfaat sebagai informasi buat teman-teman semua.

Post A Comment:

0 comments: