Cara mengatasi Crystal Report yang minta login dan Password.
http://www.sisco25.com/

Sedikit cerita, mungkin ada diantara teman -teman yang pernah mengalami masalah seperti saya dalam hal menjalankan laporan Crystal Report.
Pada waktu itu saat saya menjalankan Project Vb.Net saya dan membuka laporan Crystal report di project Vb.Net saya. tetapi tiba-tiba Laporan Crystal reportnya meminta Login dan Password.

kira-kira seperti ini Tampilan yang muncul pada saat itu :

Hal ini disebabkan karena kita pernah memindah Folder Project VB.Net kita ke folder lain atau di buka di Pc lain. yang menyebabkan Crystal report masih mendetect directory atau datasource Location yang lama.

Jadi solusi dari masalah ini cukup mudah, kita tinggal mengupdate directory atau datasource Location yang lama ke yang baru.
Disini saya akan menjelaskan tutorialnya dengan menggunakan Database Ms. Access. Untuk teman-teman yang menggunakan database selain Access, semoga bisa cocok dengan tutorial yang saya terangkan.

Baca Juga :

Mengatasi Crystal Report Yang Minta Login


Langah-langkahnya sebagai berikut :

#1. Buka Laporan Crystal report anda masing-masing.

#2. Setelah Crystal report.rpt sudah muncul, Klik kanan pada Database Fields.

#3. Klik Set Datasource Location..

#4. Klik Update pada menu Set Datasource Location.

#5. Pada Data Source klik tab Browse [...] lalu cari database access pada folder aplikasi anda. Pilih Database Access anda untuk dijadikan report.

#6. Jika Sudah, Maka akan muncul seperti gambar dibawah ini, lalu kita Klik Finish.

#7. Lalu kita tinggal Close seperti gambar dibawah ini.

#8. Coba Jalankan Project anda lalu Refresh laporan Crystal Report. Jika berhasil, maka laporan Crystal report sudah tidak lg meminta Login dan sudah kembali Normal seperti gambar dibawah ini.


Demikianlah Postingan ini, silahkan berikan komentar teman-teman semua jika berhasil menggunakan Tutorial yang saya buat. Apresiasi anda dalam berkomentar, sangat membantu saya untuk terus menulis dan memberikan apa yang saya tahu kepada orang lain. So...jangan lupa Follow juga Google + sisco25.com. karena masih banyak postingan-postingan lain yang menunggu anda. 
Cisco

Cisco

Terima kasih telah mengunjungi Sisco25.com , semoga tulisan ini dapat memberi hal yang bermanfaat sebagai informasi buat teman-teman semua.

Post A Comment:

5 comments:

  1. halooo..
    Kalau Program udah dibuild gimana bro?

    ReplyDelete
  2. klo sebelum dibuilt .exe , harus update dulu letak databasenya, hal itu terjadi karena folder project di pindahkan dari letak sebelumnya, jadinya crystal report binggung dgn lokasi database, makanya muncul minta login. semoga bisa membantu problemnya mas Fnc ID :)

    ReplyDelete
  3. Kalo database mysql gimana? Masalahnya sama kaya gitu. Drivernya pake odbc 3.5.1
    Padahal tidak ada setting akun sebelumnya

    ReplyDelete