jenis - jenis layanan yang terdapat pada sebuah server secara layanan
http://www.sisco25.com/

Server merupakan suatu bagian terpenting dari sebuah jaringan.  suatu jaringan komputer dengan banyak komputer memerlukan suatu server yang bertugas untuk menyediakan layanan yang dibutuhkan oleh client.Server sampai saat ini memiliki beberapa macam jenis. Dari berbagai macam jenis server tersebut memiliki kegunaan dan tugasnya masing – masing. Dan setiap jenis server tersebut bisa dijadikan satu mesin. Jadi satu komputer server bisa melayani berbagai servis atau layanan.

Berikut ini merupakan jenis - jenis layanan yang terdapat pada server.

Server Secara Layanan

WEB SERVER

Web Server adalah sebuah sistem yang menyediakan wadah untuk halaman web agar dapat diakses oleh client. Yaitu ketika client mengirimkan permintaan HTTP, maka Web Server akan merespon dengan mengirimkan kode-kode HTML yang akan ditampilkan oleh browser.

DATABASE SERVER

Database adalah tempat dimana kita meletakkan file-file data yang diperlukan oleh sebuah website ataupun aplikasi. Berhubung pada saat ini hampir seluruh website sudah berwujud dinamis yang pastinya membutuhkan database, maka kita juga memerlukan sebuah.DatabaseServer sebagai lanjutan dari Web Server.

MAIL SERVER

Mail Server adalah sebuah aplikasi yang menerima e-mail dari pengguna lokal (dari domain yang sama) maupun pengirim remote dari jaringan lain (internet). Selain itu Mail Server juga mampu mem-forward e-mail tersebut ke Mail Server lainnya untuk dikirim. Intinya Mail Server adalah yang melayani para user dalam proses pengiriman dan penerimaan e-mail seperti halnya kantor pos.
DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)
DHCP atau Dynamic Host Configuration Protocol adalah sebuah layanan yang memberikan alamat IP secara otomatis kepada komputer yang memintanya (client). Komputer yang memberikan layanan inilah yang disebut DHCP Server. Keuntungan dari layanan DHCP adalah dimana komputer-komputer client tidak perlu lagi untuk mengkonfigurasi IP Address secara manual. DHCP paling sering digunakan didalam jaringan-jaringan yang berskala besar.

WINS SERVER

WINS SERVER merupakan jaringan yang menggunakan sistem operasi microsoft windows baik microsoft windows 2000 maupun microsoft windows 2003. WINS server sangat dibutuhkan.  Fasilitas ini sudah tersedia dan bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan dalam sebuah jaringan.

DNS (Domain Name System)

DNS atau Domain Name System, adalah sebuah server yang berfungsi menangani translasi penamaan host-host kedalam IP Address, begitu juga sebaliknya dalam menangani translasi dari IP Address ke Hostname/Domain. Contohnya saja, lebih mudah mana mengetikkan alamat ip 173.194.69.94 di browser dibandingkan dengan mengetik domain www.google.com saja? Tentunya lebih mudah mengingat yang www.google.com bukan? Untuk itulah DNS Server dibuat, dimana alamat IP akan diubah menjadi domain, begitu pula sebaliknya.

VPN (Virtual Private Server)

VPN, atau singkatan dari Virtual Private Network, merupakan sebuah teknik dimana kalian dapat mengakses jaringan lokal melalui Internet dengan teknologi tunneling. Ini merupakan solusi mudah koneksi private melalui jaringan publik pada masa mobilitas tinggi seperti saat ini. Koneksi dari VPN itu sendiri bersifat virtual. Mengapa disebut demikian ? Karena pada dasarnya jaringan ini tidak ada secara fisik, ia hanya berupa jaringan virtual saja. Dan mengapa disebut private karena jaringan ini memang merupakan jaringan yang sifatnya pribadi yang tidak semua orang bisa mengaksesnya.

GATEWAY

GATEWAY adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang digunakan protocol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer dapat diberikan kepada jaringan protocol lain yang protocolnya berbeda.

TELNET SERVER

Merupakan server yang digunakan untuk melayani servis Telnet. Dengan adanya server ini, kita bisa melakukan remote komputer yang kita inginkan. Sebelum kita meremote komputer, kita masuk dulu dalam sistem login server telnet ini. Kemudian permintaan telnet diteruskan ke komputer tujuan yang diminta oleh client.

PROXY SERVER

Proxy merupakan sebuah komponen penting yang wajib ada di dalam sebuah jaringan. Kemampuannya yang dapat meningkatkan keamanan, menghemat bandwidth, dan juga dapat memfilter paket-paket yang tidak diinginkan sangatlah penting untuk meningkatkan efisiensi keamanan jaringan. Proxy berada di tengah-tengah antara klien dan internet yang memeriksa semua paket yang lewat dan mengeksekusinya sesuai dengan daftar akses kontrol yang ada pada file   konfigurasinya

STREAMING MEDIA SERVER

Server ini melayani servis streaming data media seperti musik, video. Servis ini memungkinkan kita dapat mengakses sebuah konten tanpa kita mendownloadnya terlebih dahulu.

LAYANAN CHATTING

Chatting merupakan fasilitas internet yang memungkinkan komunikasi antarpengguna secara langsung melalui media teks. Selain itu di mungkinkan untuk chattingdengan media video,sehingga antar pengguna dapat saling bertatap muka. Aktivitas chatting dapat dilakukan melalui beberapa metode, yaitu melalui program klien IRC, fasilitas web chat dari sebuah situs internet, dan melalui program instant messenger.

Contoh: menggunakan mIRC
mIRC adalah salah satu program untuk chatting di antara sekian banyak program chatting yang lainnya seperti: MediaRingTalk, ICQ, dan sebagainya.dengan mIRC kita bias berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa tulisan (ketikan). Untuk menggunakan mIRC, lakukan instalasi di computer anda. Setelah melakukan instalasi, maka akan tampak ikon mIRC di layer. Untuk menjalankannya kliklah dua kali icon mIRC atau kliklah Start>Program>mIRC(dengan asumsi dalam komputer telah terinstal mIRC). Maka akan tampak layer mIRC.


  • Sebelum menggunakan program lakukan konfigurasi terhadap mIRC. Caranya adalah pilih menu file-Option.maka akan tampak layer Option.
  • Kemudian settinglah IRC server, misalnya untuk indonet caranya kliklah Add sehingga tampak layar mIRC Add server. Isikan pada kolom Description: Indonet. Sedangkan pada kolom IRC Server: irc.indo.net.id. klliklah Add. Kamu juga dapat mencoba memilih sendiri salah sati IRC Server yang ada di daftar(karena sebelumnya mIRC pernah melakukannya secara acak). Jika server indonet yang kamu pilih tidak berhasil, coba pilih dan klik server IRC yang lain kamu bias memilih DalNet untuk internasional dan local, sedangkan khusus local bias telkom, wasantara, atau yang lainnya.
  • Kemudian isilah full name dengan namau, E-mail Address dengan alamat e-mailmu. Sedangkan untuk Nickname dan Alternative dapat diisi dengan nama sebutan yang akan kamu gunakan di forum chatting.
  • Setelah semua lengkap terisi maka kliklah connect to IRC Server untuk melakukan koneksi ke server yang sudah dipilih.
  • Untuk menggunakan channel kliklah icon channel pada toolbar, maka akan tampak layar mIRC Channels Folder. Pilihlah salah satu channel yang tertera pada daftar kemudian kliklah Join. Apabila anda ingin menambahkan channel baru, isilah nama channel baru pada kolom Enter name of channel to join: kemudian klik Add. Setelah channel yang dipilih sudah tampak di layar, maka kamu sudah dapat melakukan chatting dengan rekan-rekan yang tegabung tergabung dalam channel tersebut.
  • Kita dapat melakukan chatting dengan beberapa orang sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Setiap chat room akan ditampilkan dalam jendela yang terpisah masing-masing nickname teman chatting kita akan tertera sebagai nama judul jendela tampilan.balasan pesan atau sapaan baru dapat dilihat pada daftar ikon jendela tampilan yang ada. Perhatikan, warna teks pada ikon akan berudah warna(merah) dan berkedip-kedip jika ada teks pesan baru. Klik ikon tersebut untuk membaca dan membalasnya.

REMOTE SERVER


Secara definisi, remote server adalah server yang anda akses sebagai bagian dari proses client tanpa membuka koneksi terpisah, berbeda, ataupun langsung. SQL Server mengatur komunikasi antar server menggunakan RPC. SQL Server yang client terkoneksi oleh client yang bersangkutan membuka koneksi lain ke remote server dan mengajukan permintaan stored procedure ke remote server. Setiap hasil yang dikirim melewati server local, yang mana nantinya juga akan melewatkan hasilnya ke aplikasi client yang memulainya.

http://www.sisco25.com/
Demikian pengertian tentang Server secara Layanan, Postingan diatas kami jelaskan secara singkat dan jelas mengenai pengertian server secara layanan. teman-teman bisa mencari sumber-sumber lebih rinci lagi mengenai fungsi dan cara kerja dari masing-masing layanan server di atas secara detail.
Cisco

Cisco

Terima kasih telah mengunjungi Sisco25.com , semoga tulisan ini dapat memberi hal yang bermanfaat sebagai informasi buat teman-teman semua.

Post A Comment:

0 comments: