Makalah HCI, Makalah Interfacing, Makalah , Interfacing
MAKALAH 
Human Computer Interaction (HCI)



Disusun :

Nama:Yohanes Francisco M. Wuar
NIM:15083000125
Kelas:6C





Kata Pengantar



         Segala puji bagi Tuhan Yang Esa yang telah melimpahkan Rahmat-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas ini

         Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah agar mahasiswa mengerti fungsi komputer untuk manusia dan juga agar mengerti bagaimana interaksi manusia dan komputer karena hubungan manusia dan komputer yang tidak bisa dipisahkan di kehidupan ini

        Makalah ini saya buat untuk memenuhi tugas saya yang membahas tentang “interaksi manusia dan komputer”

        Saya juga menyadari bahwa makalah ini masih memiliki banyak sekali kekurangan dan kesalahan, dikarenakan keterbatasan dan kekurangan pengetahuan dari penyusun, oleh karena hal tersebut saya mengharapkan kritik dan saran sehingga saya dapat meningkatkan kualitasdari makalah ini.







                                                                                                     Malang, 18 April 2017
                                                                                                 

  Penulis

BAB I

PENDAHULUAN


1. Latar Belakang

      Pada zaman ini komputer merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan dan diabaikan oleh manusia, hampir pada setiap bidang yang manusia kerjakan saat ini membutuhan komputer. Interaksi antara manusia dan komputer tentu merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan agar hubungan antara komputer dan manusia bisa terjalin dengan baik, menusia dapat memafaatkan komputer dengan bijaksana dan komputer dapat dipergunakan sesuai dengan fungsinya.

2. Tujuan


1. Agar mahasiswa dapat mengetahui fungsi dan kegunaan komputer bagi kehidupan
Manusia
2. Agar mahasiswa dapat memahami interaksi antara manusia dan komputer dengan baik
3. Agar mahasiswa dapat mengetahui hal-hal yang mempengaruhi interaksi manusia dengan komputer




BAB II




2.1. Defenisi HCI

Human Computer Interaction (HCI) adalah sekumpulan proses, dialog, dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer. Saat kita menggunakan komputer, kita sedang berinteraksi dengan komputer. Di waktu ini kita sedang memberikan perintah kepada komputer, dan sistem komputer menerima perintah kemudian ditanggapinya hingga pekerjaan kita selesai. Definisi HCI, Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia itu sendiri.

          Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan untuk desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena di sekitar manusia itu sendiri. Bukan untuk mempelajari komputer ataupun manusia, tetapi untuk menjadi jembatan yang menghubungkan manusia dengan komputer.

Baecker dan Buxton [dalam PRE94] HCI ini didefinisikan sebagai "set of processes, dialogues, and actions through -which a human user employs and interacts with computer". ACM-SGCHI [dalam PRE94] lebih jauh menuliskan definisi tentang HCI sebagai berikut:
--- human-computer interaction is a discipline concerned with the design, evaluation and implementation of interactive computing system for human use and with the study of major phenomena surrounding them. "

Dengan demikian terlihat jelas bahwa fokus perhatian HCI tidak hanya pada keindahan tampilannya saja atau hanya tertuju pada tampilan antarmukanya saja, tetapi juga memperhatikan aspek-aspek pamakai, implementasi sistem rancangannya dan fenomena lingkungannya, dan lainnya. Misalnya, rancangan sistem itu harus memperhatikan kenyamanan pemakai, kemudahan dalam pemakaian, mudah untuk dipelajari dlsb.
Tujuan dari HCI adalah untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga. Sedangkan utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya.
Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sstem yang dibuat tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok.
Pendapat Preece, J. di atas didasarkan pada pemikiran yang menyatakan bahwa kepentingan pemakai sistem harus didahulukan, pemakai tidak bisa diubah secara radikal terhadap sistem yang telah ada, sistem yang dirancang harus cocok dengan kebutuhan-kebutuhan pemakai.
Selanjutnya, dalam berinteraksi dengan komputer, para pemakai pertama kali akan berhadapan dengan perangkat keras komputer. Untuk sampai pada isi yang ingin disampaikan oleh perangkat lunak, pemakai dihadapkan terlebih dahulu dengan seperangkat alat seperti papan ketik (keyboard), monitor, mouse, joystick, dan lain-lain. Pemakai harus dapat mengoperasikan seperangkat alat tersebut. Selanjutnya, pemakai akan berhadapan dengan macam-macam tampilan menu, macam-macam perintah yang terdiri dari kata atau kata-kata yang harus diketikkannya, misalnya save, copy, delete, atau macam-macam ikon. Peralatan, perintah, ikon dan lain-lain yang disebutkan di atas dikenal dengan nama interface (antarmuka). Interface ini merupakan lapisan pertama yang langsung bertatap muka dengan pemakai.

2.2. SEJARAH HUMAN COMPUTER INTERACTION (HCI)

Human Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia Komputer (IMK) adalah studi tentang interaksi antara manusia, komputer dan tugas. Bagaimana manusia dan komputer secara interaktif melaksanakan dan menyelesaikan tugas dan bagaimana sistem yang iteratktif itu dibuat. IMK berasal dari berbagai disiplin bidang ilmu, teknik, kesenian. Adapun perkembangan dari HCI sebagai berikut :

1. Tahun 1945, Memex
Memex (singkatan dari "memory extender") , adalah nama yang diberikan oleh Vannevar Bush untuk sebuah mesin teoretis yang ia usulkan dalam artikelnya As We May Think, yang dimuat pada tahun 1945 pada The Atlantic Monthly. Memex disebut-sebut sebagai pionir dari teknologi hiperteks yang muncul kemudian. Perangkat Memex dapat menyimpan seluruh record, artikel dan berbagai komunikasi, mempunyai memori yang besar, item-itemnya didapat dengan pengindeksan, kata kunci, referensi silang.

2. Tahun 1963, Sketchpad
Ivan Sutherland pada 1963 di Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat. Lewat tesis doktoralnya ia memproklamirkan penemuannya yang disebut Sketchpad, sebuah sistem komputer yang difungsikan untuk mengambar garis secara langsung dengan layar komputer melalui pena cahaya. Pada masa itu ketika tetikus (mouse) belum ditemukan, untuk berinteraksi dengan komputer dalam menjalankan perintah-perintah, manusia menggunakan pena yang digerakkan-gerakkan di layar komputer. Dan itu dimaksudkan untuk menciptakan interaksi yang direpresentasikan secara grafis.


3. Tahun 1968, Augment
Douglas Engelbart menemukan Augmentation Research Center. Dimana dalam Augment tersebut terdapat NLS (oN Line System). NLS ini mempunyai fitur layar pengedit teks dua dimensi, oleh dua orang dari console yang berbeda pada saat yang bersamaan, links, video conference, dan mouse.

4. Tahun 1969, Dynabook
Alan Kay menciptakan Dynabook, sebuah komputer yang berukuran seperti buku dimana komputer harus bisa berfungsi seperti makhluk hidup. Dynabook lebih menggunakan grafik (multimedia) dari pada teks dan dapat menyimpan semua jenis file.
Gambar : Alan Kay

5. Pertengahan 1970an, Xerox PACR Alto
Mouse dilisensikan ke Xerox tahun 1971, sedangkan Xerox Alto tahun 1973. Fakta yang paling mengejutkan dari Alto adalah digunakan hanya oleh satu orang. GUI pada Alto adalah windows dikontrol oleh kursor, input devicenya mouse, pop-up menu untuk mengontrol tasks.

6. Tahun 1981, Xerox Star
Dirilis tahun 1981 dan didesain sebagai system otomatisasi perkantoran. Computer sebagai desktop bagi para professional dalam organisasi bisnis. Tujuannya adalah agar computer menjadi invisible bagi user.

7. Tahun 1982, Apple Lisa
Apple mulai mengembangkan Lisa pada 1979 sebagai sebuah system berbasis teks. Didesain kembali sebagai system grafis yang mirip Xerox Star.

8. Tahun 1984, Apple Machintos
Steve Jobs adalah pemimpin dari proyek Machintos. Desain asli dibuat oleh Jef Raskin. Apple Machintos menggunakan penuntun yang kuat melalui desain fisik. Apple Machintos merupakan penyalin yang pintar, mempunyai grafis tingkat tinggi. Problem dari Mac adalah hanya memiliki 128k memori utama.

9. Tahun 1987, Windows
Microsoft Windows dirilis dari IBMPCAT pada agustus 1984 yang dijalankan pada 6MHz. Windows direncanakan pada tahun 1983 dirilis pada 11 Agustus 1987.

2.3. Implementasi HCI  dalam kehidupan sehari-hari

Berikut ini adalah beberapa contoh implementasi IMK dalam kehidupan sehari-hari:

Penggunaan Komputer
Tanpa disadari kita (manusia/user) telah berinteraksi/berdialog dengan sebuah benda (layar monitor), yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf yang ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse, kemudian hasil inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar monitor atau bahkan mesin pencetak (printer).
Penggunaan Automatic Teller Machine (ATM)

Pada ATM yang biasa kita gunakan juga merupakan sebuah Interaksi Manusia dan juga Komputer. Pada sebuah ATM kita dapat melihat sebuah sistem antarmuka (Interface), kita dapat melihat menu-menu yang tesedia pada layar ATM. Melakukan transfer, cek saldo, dsb

Penggunaan Laser Pada Operasi Medis

Pada bidang kedokteran IMK juga banyak berperan, seperti Sistem pakar, Operasi medis menggunakan bantuan laser,dsb. Mesin yang telah di desain (coding) sedemikian rupa akan di jalankan untuk melakukan operasi. Spesialis (dokter) melakukan penentuan koordinat pada bagian tubuh yang akan di lakukan operasi. Maka, input atau yang di lakukan Dokter ini akan di terima oleh Mesin, dan akan langsung segera di lakukan pembedahan.

Situs Website
Situs web merupakan salah satu aplikasi sistem komputer yang banyak digunakan oleh manusia saat ini. Selain akses yang mudah dan jaringan yang luas, informasi-informasi sangat mudah didapatkan melalui sistem ini. Pencapaian informasi tersebut tentunya sangat terkait dengan desain antarmuka. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, begitu banyak hal yang dapat mengakibatkan kegagalan pada pengguna. Sangat disayangkan apabila informasi-informasi yang sangat mudah didapatkan melalui situs-situs web tidak dimaksimalkan atau justru memberikan dampak buruk bagi penggunanya.

BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN



3.1.   Kesimpulan

Komputer memiliki berbagai fungsi dalam kehidupan manusia bahkan peran komputer saat ini tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan manusia, komputer sudah berperan dalam berbagai aspek kehidupan pada manusia mulai dari pendidikan, usaha, hiburan, industri dan sebagainya.
Komponen-komponen hubungan manusia dengan komputer terbagi menjadi 3 hal Komputer, Manusia, dan Interaksi. Tujuan dari interaksi anusia dengan komputer adalah agar manusia dapat melakukan pkerjaannya dengan mudah dan lebih cepat. Definisi dari perancang muka antara manusia dengan komputer adalah ”Media yangmemungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer untuk memberikan suatu perintah kepada komputer”. Media untuk interaksi dengan komputer terbagi menjadi 2 yaitu : Media Tekstual dan Media GUI ( Graphical user interface).

3.2.   Saran

Untuk kemajuan teknologi maka diharap komputer memiliki kemampuan yang lebih dari pada zaman saat ini, dan juga interaksi antara manusia dan komputer dapat terjalin dengan baik sehingga komputer dapat dilaksanankan dengan semestinya.

DAFTAR PUSTAKA


http://id.wikipedia.org/wiki/Interaksi_manusia-komputer
http://belajarhci.blogspot.co.id/2013/01/pengertian-hci-human-computer.html
http://missshoppingholic.blogspot.co.id/2010/02/sejarah-human-computer-interaction-hci.html

Cisco

Cisco

Terima kasih telah mengunjungi Sisco25.com , semoga tulisan ini dapat memberi hal yang bermanfaat sebagai informasi buat teman-teman semua.

Post A Comment:

0 comments: